Rabu, 20 Februari 2008

Sejarah SMPN 1 Bogor

SMP Negeri 1 Kota Bogor merupakan SMP tertua di Wilayah Bogor. SMP Negeri 1 Kota Bogor berlokasi di Jln. Juanda No. 16, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Luas Tanah dan Bangunan ± 3983 m2. Lokasi sekolah ini sangat strategis karena tepat berada di jantung kota di depan Istana Bogor.

Sekolah ini berdiri sebelum merdeka pada tahun 1918 dengan nama MULO, namun setelah 1 Januari 1949 berganti nama SMP Negeri Bogor. SMP Negeri 1 Kota Bogor sejak berdiri sampai saat ini telah menghasilkan puluhan ribu alumni dan saat ini banyak yang menjadi sosok pemimpin besar diberbagai bidang yang turut andil membangun negeri ini. Sekolah ini dari tahun ketahun telah banyak peningkatan prestasi yang telah diraih baik akademik dan non akademik, sehingga menjadikan SMP Negeri 1 Kota Bogor menjadi sekolah unggulan Nomor 1 di Bogor dan di Jawa Barat.

Sebagai contoh prestasi akademik dalam rata-rata nilai UN selalu menjadi peringkat 1 di Kota Bogor dalam beberapa tahun ini. Bahkan di Jawa Barat untuk rata-rata nilai UN tahun 2005 yakni 9,016 atau rata-rata berjumlah 27,05 untuk 3 mata pelajaran, hal ini menjadi peringkat 3 SMP Negeri dan Swasta dari ± 2.100 sekolah, Peringkat 1 SMP Negeri di Jawa Barat dan menjadi peringkat 16 secara Nasional dari ± 21.000 sekolah . Sedangkan untuk Tahun Pelajaran 2005/2006 rata-rata nilai UN untuk 3 mata pelajaran 9,38, atau berjumlah rata-rata 27,55 atau rata-rata nilai siswa 9,2.

Berdasarkan hasil tersebut, seharusnya peringkat rata-rata nilai UN semakin naik, baik di tingkat Jawa Barat maupun tingkat nasional. Alhamdulillah, sejak tahun 2004, SMPN 1 Bogor telah diseleksi oleh Direktorat Pembinaan SMP Dirjen Manajemen Dikdasmen Depdiknas sebagai sekolah rintisan Sekolah Standar Nasional (SSN). Kemudian pada tanggal 14 Maret 2007 SMPN 1 Bogor ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dengan Surat Keputusan No. 543/C3/KEP/2007 oleh Direktur Pembinaan SMP Dirjen Manajemen Disdiknas Depdiknas.



4 komentar:

Fieldtrip for FREE & Product Knowledge mengatakan...

YKK mengundang siswa/siswi dalam program-Field Trip Exclusive-
Undangan ini adalah bersifat exclusive/khusus sebagai program CSR-tanpa di pungut pembayaran-
yakni u/kreatifitas design, technologi dan wawasan industri u/ anak2 dari mulai siswa SD kelas 4 s/d perguruan tinggi-
Silahkan Survey/Reservasi Kunjungan Siswa/siswi sekolah anda di no TELP (021)8710641.
Lokasi : YKK-Jl Raya JKT BGR km 29 Cimanggis Depok-
http://fastening.multiply.com/
http://wp.me/pyU9e-4

Anonim mengatakan...

salut banget dengan perkembangan SMP Negeri 1 Kota Bogor, sd ini merupakan yang paling tua dan kualitasnya semakin baik

Unknown mengatakan...

bpk/ibu saya minta tolong? informasi sejarah nama kepsek smpn 1 bogor dari awal.
kalau boleh tolong email y bpk/ibu

Unknown mengatakan...

email saya : sellout01games@gmail.com
terima kasih
saya mohon dengan sangat jika bpk/ibu mengetahui informasi ini