Rabu, 20 Februari 2008

Visi, Misi, Tujuan, & Program


VISI

Dengan Imtaq, pada tahun 2013 SMP Negeri 1 Bogor menjadi Sekolah Bertaraf Internasional


MISI

Misi SMP Negeri 1 Bogor, yaitu :

1. Mengembangkan delapan standar pendidikan yang bertaraf internasional;

2. Meningkatkan jaringan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang bertaraf internasional;

3. Meningkatkan SDM sekolah bertaraf internasional yang cerdas, beriman dan bertaqwa;

4. Menggali sumber dana dari berbagai pihak.


TUJUAN SEKOLAH DALAM 5 TAHUN

Tujuan yang ingin dicapai untuk 5 tahun ke depan, yaitu diperoleh :

1. Lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional yang cerdas, beriman dan bertaqwa;

2. Memiliki kurikulum internasional dan diberlakukan di sekolah:

3. PBM dengan standar internasional;

4. Pendidik dan tenaga kependidikan dengan kompetensi berstandar internasional;

5. Prasarana, sarana, dan fasilitas pendidikan berstandar internasional;

6. Manajemen sekolah dengan standar internasional;

7. Sistem penilaian dengan standar internasional;


PROGRAM STRATEGIS

Untuk mencapai tujuan di atas, maka dilaksanakan program strategis yaitu :

1. Pengembangan prestasi siswa dibidang akademik dan non akademik

2. Pengembangan SKL internasional.

3. Pengembangan kurikulum internasional.

4. Pengembangan proses PBM bertaraf internasional.

5. Peningkatan kompetensi dan kualitas SDM sekolah bertaraf internasional.

6. Pengembangan fasilitas sekolah berstandar internasional.

7. Pengembangan manajemen sekolah berstandar internasional.

8. Pengembangan sumber pendanaan penyelenggaraan pendidikan berstandari internasional.

9. Pengembangan sistem penilaian pendidikan di sekolah berstandar internasional.


STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN

1. Fase Rintisan

a. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan)

b. Pengembangan kapasitas sumber daya selebihnya (dana, peralatan, perlengkapan, dan bahan)

c. Pengembangan kapasitas kelembagaan (manajemen, organisasi, administrasi dan sistem informasi)

d. Pengembangan kapasitas sistem (kebijakan, legislasi dan regulasi)

e. Pemodernisasian sistem informasi manajemen pendidikan dengan ICT.

f. Penguatan peran masyarakat melalui komite dan dewan pendidikan.

2. Fase Konsolidasi

a. Telaah praktek-praktek yang baik dan pelajaran yang dapat dipetik.

b. Saling tukar praktek-praktek yang baik dan pelajaran yang dapat dipetik antar SBI.

c. Tegaknya kesepakatan dan komitmen terhadap tata nilai SBI.

d. Terterapkannya sistem dan prosedur kerja yang mantap.

e. Tertatanya tugas dan fungsi serta struktur organisasi.

f. Terlaksananya tata kelola yang baik.

g. Terterapkannya teamwork SBI yang kompak, cerdas, dinamis, dan lincah antar instansi yang terlibat dalam SBI.

3. Fase Kemandirian

a. Tumbuhnya prakarsa sendiri untuk memajukan SBI.

b. Keprogresifan dan keuletan SBI.

c. Kemampuan berfikir dan kesanggupan bertindak secara orisinal dan kreatif (inisiatif).

d. Kemantapan SBI dalam bersaing secara regional dan internasional.


HASIL YANG DIHARAPKAN

Tonggak-tonggak kunci keberhasilan sekolah sebagai Rintisan SBI adalah sbb:

NO

Aspek-aspek dari Program-program Strategis

Tonggak-Tonggak Kunci Keberhasilan Sekolah

Th I

Th II

Th III

Th IV

Th V








A.

PRESTASI SEKOLAH DAN LULUSAN







1. Memperoleh prestasi internasional di bidang akademik dan non akademik


V

V

V

V


2. Mengeluarkan lulusan bertaraf internasional



V

V

V

B.

KOMPETENSI LULUSAN







1. Memiliki dokumen SKL berstandar internasional

V






2. Memiliki dokumen SKL berstandar internasional yang diberlakukan di sekolah

V





C.

KURIKULUM







1. Memiliki dokumen kurikulum internasional untuk kelas 7

V

V

V

V

V


2. Memiliki dokumen kurikulum internasional untuk kelas 8


V

V

V

V


3. Memiliki dokumen kurikulum internasional untuk kelas 9



V

V

V

D.

PROSES PBM







1. Memiliki dokumen rencana kegiatan pengelolaan atau manajemen pembelajaran berstandar internasional di kelas

V

V

V

V

V


2. Memiliki prorgram peningkatan kemampuan dalam kegiatan pembelajaran di kelas teori maupun praktik di laboratorium dengan bahasa inggris dan kemampuan PBM lainnya

V

V

V

V

V


3. Memiliki pendampingan kepada guru dalam membuat instrumen penilaian beserta penerapan dan analisisnya atau penerapan perangkat lunak penilaian yang berbasis komputer atau internet

V

V

V

V


E.

TENAGA KEPENDIDIKAN DAN NON KEPENDIDIKAN







1. Menguasai Bahasa Inggris TOEFL 450

25 %

25 %

25 %

25%



2. Menguasai ICT untuk PBM

50 %

25 %

25%



F.

PRASARANA, SARANA DAN MEDIA PEMBELAJARAN







1. 21 kelas memiliki fasilitas ICT

5 Kelas

5 Kelas

6 Kelas

5 Kelas



2. Perpustakaan digital

V






3. Laboratorium :







- Lab. Fisika

V






- Lab. Biologi

V






- Lab. Kimia

V






- Lab. Bahasa

V






- Lab. IPS

V






4. 1 buah laboratorium komputer dengan pentium 4

V






5. Kantin

V






6. Auditorium


V





7. Sarana dan prasarana olah raga

V

V

V

V

V


8. Pusat belajar dan riret guru

V






9. Penunjang administrasi sekolah

V






10. UKS

V






11. Toilet sesuai SPM


V





12. Masjid



V




13. Jaringan internet di laboratorium komputer dan perpustakaan

V






14. Sarana dan prasarana kesenian

a. Seni rupa

b. Seni musik



V

V



G.

MANAJEMEN







1. Manajemen ISO 9001 (2000)





V


2. MBS Penuh


V




H.

PEMBIAYAAN







1. Memiliki panduan program dan proposal khusus dalam upaya memperoleh sumber dana dari berbagai pihak

V

V

V

V

V


2. Bantuan dari Pemerintah pusat, propinsi dan kota

V

V

V

V

V


3. Memiliki sumber pendanaan dari masyarakat dan dunia usaha

V

V

V

V

V

I.

PENILAIAN







Memiliki dokumen konsep dan panduan standar internasional sistem pinilaian yang diterapkan di sekolah

V

V

V

V

V


Tidak ada komentar: